Tips Lengkap Cara Mencegah dan Mengatasi Komputer/PC yang Mati Sendiri

Komputer, layar PC

Tips Lengkap Cara Mencegah dan Mengatasi Komputer/PC yang Mati Sendiri

Penyebab komputer mati sendiri dan hidup kembali biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Berbagai masalah dapat menyebabkan gangguan terjadi pada komputer, sehingga saat Anda menggunakannya Anda tidak menjadi terganggu.

Jika kejadian ini tidak hanya terjadi sekali, tetapi sudah berkali-kali tentu Anda akan bertanya-tanya apa yang salah dengan komputer Anda. Sekalipun ini terjadi saat Anda sedang bekerja, tentu saja banyak pekerjaan akan tertunda, terutama jika pekerjaan yang sedang berlangsung belum diselamatkan.

Penyebab komputer mati dan hidup kembali dapat dikaitkan dengan faktor internal dan eksternal komputer. Bisa jadi karena memang ada masalah dari komputer itu sendiri, atau dari faktor eksternal seperti masalah listrik.

Berikut ringkasan dari yy6.org dari berbagai sumber tentang penyebab komputer itu sendiri mati dan hidup kembali.

Terlalu Panas atau Cepat panas

Penyebab komputer mati sendiri dan nyala lagi adalah dugaan pertama karena terlalu panas. Prosesor biasanya dirancang untuk mematikan dirinya sendiri jika terlalu panas atau terlalu panas. Ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada perangkat keras. Sementara overheating itu sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti debu yang menumpuk, kipas prosesor rusak, Thermal Paste rusak, atau beban komputer terlalu berat.

Beban File Terlalu Berat

Membiarkan komputer bekerja terlalu berat, atau membuka berbagai program berat tanpa istirahat dapat membuat komputer terlalu panas dan menjadi salah satu penyebab komputer mati dan hidup kembali. Jika komputer Anda mengalami hal ini, maka Anda harus membiarkan komputer beristirahat setidaknya 1 hingga 2 jam hingga semua komponen komputer menjadi dingin. Setelah memastikan semua komponennya keren, Anda bisa menggunakannya lagi.

Banyak Debu

Komputer yang tidak pernah dibersihkan sampai debu menumpuk juga dapat menyebabkan panas berlebih yang pada akhirnya akan menyebabkan komputer mati sendiri dan hidup lagi. Debu yang menumpuk pada komponen di dalam komputer, seperti kipas, motherboard, dan komponen lainnya, akan menyebabkan aliran udara pendingin komputer terhambat. Hal ini mengakibatkan perubahan udara panas dan dingin menjadi sulit.

Karena itu, Anda harus segera membersihkan debu yang menumpuk di komputer. Debu biasanya menumpuk paling banyak pada kipas / kipas prosesor dan lubang udara. Hati-hati saat melepas dan memasangkan kasing dan komponen. Anda harus mengingat posisi, dan melakukan instalasi ulang dengan benar dan kuat (tidak longgar). Anda juga dapat memeriksa apakah kipas masih bekerja dengan benar atau tidak.

Penyebab komputer mati sendiri dan dinyalakan lagi adalah listrik yang tidak stabil. Listrik yang tidak stabil juga dapat menyebabkan PC / Laptop mati sendiri. Ini karena daya yang diterima oleh komputer menjadi tidak stabil juga.

Ketika daya yang diterima oleh komputer kurang, beberapa komponen tidak akan berfungsi dengan baik karena kekurangan daya, dan menyebabkan komputer mati. Jika berlangsung lama, daya yang tidak stabil ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen. Karena itu, Anda perlu menggunakan stabilizer untuk mengatasi masalah ini.

5 Hal yang Wajib Anda Tahu Ketika Ingin Membeli Casing Komputer

Komponen Komputer Bermasalah

Selain itu, penyebab komputer mati dan hidup kembali disebabkan oleh komponen komputer yang bermasalah. Masalah dengan catu daya, VGA, hard disk, RAM, motherboard, hingga prosesor dapat membuat komputer yang Anda gunakan mati sendirian. Ini biasanya disebabkan oleh korsleting atau penggunaan yang terlalu membebani.

Pada prosesor, biasanya juga ada masalah dengan pasta termal kering. Thermal paste memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga udara di dalam prosesor tetap dingin dan tidak terlalu panas. Karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan penggunaan berbagai komponen dan selalu memeriksanya dengan cermat. Anda juga bisa mengecek komputer Anda ke para ahli agar kinerja lebih terjaga.

Virus

Virus ini juga merupakan salah satu penyebab komputer itu sendiri mati dan hidup kembali. Ini disebabkan oleh virus yang menyerang komputer dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer, sehingga komputer tidak berjalan dengan baik. Ini kadang-kadang juga bisa membuat prosesor kepanasan dan mati sendiri.

Bahkan virus dapat menyedot penggunaan daya komputer. Untuk alasan ini, Anda harus melakukan pemindaian menyeluruh pada komputer. Jika masih tidak berfungsi, Anda dapat menginstal ulang sistem operasi komputer.

Mengalami Crash

Selain itu, penyebab komputer mati dengan sendirinya dan hidup kembali adalah ada program yang macet. Biasanya ini dapat disebabkan oleh menginstal driver yang tidak kompatibel dengan perangkat keras dan OS yang digunakan. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus instalan program. Anda dapat menginstal ulang program jika Anda menggunakan driver yang kompatibel dengan OS dan perangkat keras yang digunakan.

One Comment on “Tips Lengkap Cara Mencegah dan Mengatasi Komputer/PC yang Mati Sendiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *