Larry Page, Si Cerdas Pendiri Google yang Bagaikan ‘Hantu’

Larry Page, Si Cerdas Pendiri Google yang Bagaikan 'Hantu'

Larry Page gak pengin menonjolkan diri, jarang-jarang sekali ada di publik. Jadi ada jurnalis yang menamainya jadi hantu. Baru-baru ini mundur dari Alphabet, induk Google, yang bermakna ia terlihat bakalan tambah menarik diri. Tidaklah ada kelirunya mengulik kembali sepak terjangnya. Google lahir 4 September 1998, dua tahun seusai idenya ada di kepala Larry Page. Ia langsung membawa diri jadi CEO Google, dan kawan karibnya Sergey Brin disebut yaitu relasi pendiri Google atau co founder.

Status co founder kebanyakan terabaikan histori. Katakan saja Facebook, orang pastinya makin lebih tahu Mark Zuckerberg dibanding dengan pendiri yang lain. Namun lain ceritanya dengan Sergey Brin. Page serta Brin bersua masa saling kuliah di Stanford University. Brin sifatnya terbuka serta bersemangat. Sampai untuk Google, Brin berubah menjadi pelengkap Page yang introvert. Brin yang merajut rekan di antara Google dengan perusahaan lain.

Seperti dikatakan di atas, Google memang gagasan mulainya datang dari Page yang silam dibantu Brin. Mereka sukses peroleh permodalan USD 1 juta dari dari kawan serta keluarga yang yakin kalau Google bakal sukses. Google lantas dibuat, kantor mulainya dalam sesuatu garasi. Februari 1999, startup itu tumbuh sangat cepat. Page menempatkan kantornya dari garasi dalam sesuatu kantor baru di Palo Alto, California. Tujuh bulan setelah itu, mereka ubah kantor ke Mountain View.

Baca juga : Bandai Namco Akan Buat Game Super Robot Wars Terbaru

Paruh pertama 1999, popularitas Google melejit. Keadaan ini bikin Google diperlukan permodalan baru buat berinvestasi di server ataupun SDM. Kala itu, Google belum membuahkan uang. Mereka mulai cari investor baru. Akan tetapi Page miliki prasyarat, ia serta Brin bakal membela kebanyakan voting persediaan dan terus mengendalikan penuh Google. Investor sepakat, namun mereka pun miliki prasyarat, Page mesti turun dari CEO. Ia dikira belum pengalaman.

Dengan berat hati, Page sepakat serta investasi besar lantas banyak yang datang ke Google. Hakikatnya, Page miliki pembawaan sukai mengontrol. Sejak mulai era kuliah, teman-temannya mengemukakan ia paranoid serta sukai mengendalikan, ia mesti meyakinkan seluruhnya diselesaikan dengan pas serta benar. Page lantas rasakan berat mesti melepas urutan CEO lantaran dia rasakan bisa pimpin Google dengan pemberian Brin. Namun selanjutnya Page sadar Google diperlukan CEO mempunyai pengalaman serta kelas dunia. Mereka lantas cari calon. Selanjutnya yang dipilih yaitu Eric Schmidt, eks CEO Novell.

Schmidt jadi chairman Google di Maret 2001 serta memegang CEO bulan Agustus. Rupanya ketentuan itu begitu pas. Schmidt sukses pimpin Google jadi makin lebih besar serta selanjutnya melantai di bursa saham pada Agustus 2004. Jadilah Page serta Brin miliarder.

Dambaan Besar Page & Terciptanya Android

Sejak mulai awal berdirinya, Page udah bernafsu Google gak cuma bakal jadi perusahaan mesin mencari. Sejak mulai kecil, Page punya mimpi mencipta perihal yang mengubah dunia. Di University of Michigan, ia menyampaikan gagasan ganti bis sekolah dengan sejenis MRT personal biar lebih efektif. Ia pernah juga menerangkan gagasan pengerjaan sejenis tali super panjang yang mempertautkan bumi dengan orbit. Dengan demikian melimpahnya uang di Google, Page lantas bertambah giat menggagas pelbagai gagasan serta membuat jadi realita.

Tahun 2005, salah satunya visi Page yaitu bikin pc handheld yang dapat dipunyai banyak orang-orang serta dapat membuka semua pelayanan Google. Ia lantas cari start up yang lebih kurang dapat penuhi nafsu itu. Jadi, Google lantas melirik Android serta selanjutnya mengakuisisinya. Pembelian Android yang lebih kurang sejumlah USD 50 juta yaitu murni gagasan Page, dia bahkan juga gak memberitahukannya pada Schmidt hingga akuisisi tuntas. Oleh Page, Android dibiarkan mandiri serta terus di pimpin penciptanya, Andy Rubin.

Rubin dapat meningkatkan Android sesenang hati, klub Android miliki gedung sendiri yang gak dapat dimasuki karyawan biasa Google. Schmidt meski dilangkahi Page mulainya kurang perduli, ditambah lagi nilai USD 50 juta benar-benar kecil untuk Google. Dia gak risau jikalaupun project Android tidak sukses. Page lantas banyak togel hongkong deposit pulsa memakan waktu berdiskusi berbarengan Brin. Hingga akhirnya, telpon seluler Android pertama diluncurkan dengan nama G1 pada tahun 2008. Metode operasi Android ini rancangannya bagus serta dapat diinstal gratis oleh vendor mana saja, sampai perubahannya melejit.

Sukses Android bikin Page yakin diri kalau dia memiliki bakat pimpin. Sewaktu yang sama, Google udah berubah menjadi perusahaan raksasa. Kala itu tahun 2010, kapitalisasi pasar Google USD 180 miliar dengan 24 ribu karyawan.

Larry Page Jadi CEO

Tahun 2011, Schmidt udah rasakan cukup pimpin Google. Larry Page di pandang layak mengomandoi perusahaannya serta dia lantas berubah menjadi CEO kembali. Dan Schmidt berubah menjadi chairman Google. Dibawah kepemimpinan Page, Google melaksanakan berbagai hal mencolok. Ultimatum Facebook ditangkisnya dengan Google+, walaupun tak terlalu sukses. Tahun 2012, Google beli Motorola sejumlah USD 12, 5 miliar, dengan maksud khusus beli paten buat memperkokoh Android yang kerap di terpa tuntutan hukum.

Google pun mengenalkan Chromebook, laptop berbasiskan website serta komputasi awan. Pun kacamata cerdas Google Glass. Dalam akhir 2012, Google mulai bangun koneksi internet super cepat di Kansas City  Pelbagai cara itu tak mengagetkan untuk mereka yang mengetahui Page, figure ambisius dengan mimpi selangit. Walaupun dia pun miliki kekurangan jadi CEO, umpamanya dianggap kurang dapat public speaking sampai kurang menakjubkan pendengarnya.

” Semua yang Anda imajinasikan bisa saja dapat diselesaikan. Anda hanya menggambarkannya serta menjalankannya, ” kata Page di tahun 2012. Pada tahun 2015, Page lengser dari poisi CEO Google serta menunjuk Sundar Pichai. Setelah itu Page pimpin Alphabet, induk Google serta perusahaan lain yang bernaung di bawahnya. Saat ini, dia pun melepas jabatannya dari Alphabet. Tidak tahu kapan ia bakal memperlihatkan diri kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *