Penjelasan Perkembangan Computer Dari Tahun Ke Tahun Secara Bertahap

Penjelasan Perkembangan Computer Dari Tahun Ke Tahun Secara Bertahap

Computer Dari jaman dulu sudah ada, bahakan perubahannya lantas terus bersambung sampai waktu ini. Tapi beberapa orang yg cuma menyaksikan computer di waktu ini saja, tapi tak mengetahui bagaimana generasi-generasi computer pada saat-saat awal kalinya. Berikut jejeran perubahan computer dari jaman ke jaman, di mulai dari generasi pertama dan sebagainya.

Selanjutnya beberapa penjelasan riwayat perubahan tehnologi computer yakni seperti berikut :

Computer Generasi I ( Pertama )
Computer generasi pertama ini berkembang di waktu Perang Dunia II. Pada kala itu, negara yg terjebak perang berupaya meningkatkan tehnologi computer untuk mengeksploit tempat strategis dari computer. Perubahan pada masa ini diawali dengan ditemukannya Electronic Numerical Integrator and Computer ( ENIAC ) .

Penemuan ini pertama diketemukan oleh faksi Amerika Serikat yg kala itu bekerja sama-sama dengan piha University of Pennyslavia di tahun 1946. Electronic Numerical Integrator and Computer ( ENIAC ) terbagi dalam 18. 000 tabung vakum , ditambahkan 70. 000 resistor, dan 5 juta titik solder yg lantas perlu tenaga listrik sebesar 160 kwH.

Beberapa ciri computer pada masa ini yakni :

  • Terdapatnya pemakaian tube vakum ( hingga computer pada kala itu punyai ukuran yg besar )
  • Silnder magnetik datang jadi penyimpan data
  • Arahan dibikin dengan cara detil untuk melakukan perintah khusus
  • Tiap-tiap computer punyai kode biner yg tidak sama keduanya

Computer Generasi II ( Ke dua )
3 orang fisikawan dari Amerika yakni Walter House Brattain, Willian Brabdford, dan Jhone Barden pada akhirnya mendapatkan tehnologi transistor pada tahun 1948. Ukurannya semestinya lebih kecil dibanding dengan tabung vakum yg ada di computer generasi pertama. Transistor sebagai peningkatan dari kenangan pokok magnetik yg benar-benar menopang perubahan computer generasi ke dua itu. Dua inovasi dalam feature ini membuat ukuran computer generasi ke dua ini lebuh kecil dibanding generasi pertama dan lebih irit kekuatan.

Baca juga : Dell Buat Perhiasan dari Sampah Pc

Beberapa ciri computer pada generasi ini yakni :

  • Perlu lebih dikit sumberdaya
  • Kemampuannya jauh tambah cepat ketimbang pendahulunya
  • Memanfaatkan tehnologi transistor yg mengecilkan ukurannya dari generasi pendahulunya

Computer Generasi III ( Kretiga )
Nyatanya transistor pada generasi ke dua punyai kekurangan, yakni simpel panas serta terdapat resiko menyebabkan kerusakan sisi dalam computer. Pada 1958, Jack Kilby mengerjakan paduan pada computer itu memakai 3 elemen elektronik. Lantas, setelah itu banyak ilmuwan ini sukses memasukka beberapa elemen lain ke dalam computer generasi ini. Hasilnya, ukuran computer berubah menjadi kian kecil lantaran bagian-bagian itu bisa dimasukkan lewat satu chip.

Beberapa ciri computer pada masa ini yakni :

  • Mempunyai kandungan integrated sirkuit
  • Ukurannya kian kecil lantaran satu chip sanggup menaruh banyak elemen
  • Terdapatnya metode operasi walau basisnya Comand Line Interface

Computer Generasi IV ( Ke empat )
Chip Intel 4004 yg dibuat pada 1971 ini bawa satu perkembangan pada IC dengan menempatkan semuanya elemen ke dalam computer. Potensi menempatkan demikian banyak elemen ini menggerakkan turunnya harga dan ukuran computer. Pada akhirnya pada pertengahan 1970, banyak perakit tawarkan produknya ke warga umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *