Qualcomm Kembangkan 5G Gunakan Extended Reality

Qualcomm Kembangkan 5G Gunakan Extended Reality

Dalam hari ke-tiga Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2019, Qualcomm mengenalkan Qualcomm Snapdragon XR2 Basis, suatu basis/ metode of chips (SoC) 5G pertama di dunia yang beri dukungan extended reality (XR) .

Fitur ini memadukan perubahan 5G serta AI punya Qualcomm Technologies dengan technologi XR paling depan buat pelbagai pemanfaatan di saat depan. Khasnya, basis ini lantas dapat diciptakan di semuanya praktik augmented reality (AR) , virtual reality (VR) , serta mixed reality (MR) .

Penerapan dari fitur dengan Snapdragon XR2 lantas dapat dilaksanakan di berapa sektor, umpamanya buat sektor industri, retail, manufaktur, pendidikan, sampai kesehatan.

Vice President of XR Qualcomm Hugo Swart mengemukakan, pada jaman 5G kelak, extended reality dapat lebih baik dari dunia fakta. Karenanya, Qualcomm melaunching produk yang mengubah bagaimana memadukan AI serta 5G buat beri dukungan extended reality.

Perihal ini, kata Hugo, sejalan dengan masifnya transformasi digital yang bikin fakta berganti. Karenanya di jaman digital, banyak orang dapat terjalin dengan cara digital, lewat AR, VR, ataupun MR. Platform-platform AR, VR, serta MR jadi basis mobile teranyar.

“Basis Snapdragon XR2 dikemas dengan penambahan kemampuan yang subtansial ketimbang dengan basis XR tingkat premium kami awal mulanya. Pada XR2, kemampuan CPU serta GPU ditambah kedua kalinya lipat. Bandwidth video ditambah berubah menjadi 4 kali lipat, resolusi 6 kali tambah tinggi serta 11 kali penambahan kapabilitas AI, ” kata Hugo Swart dalam keynote speech terkait XR 2 di Maui, Amerika Serikat.

4 Panduan Supaya Smartphone Anda Aman Dari Serangan Hacker

Director and Head of XR Products Qualcomm Technologies Hiren Bindhe mengemukakan, Snapdragon XR2 sebagai basis XR pertama di dunia yang beri dukungan 7 camera dikerjakan berbarengan serta processor computer vision privat.

Oleh sebab itu, apabila banyak partner Qualcomm bikin fitur kacamata atau headset VR yang punyai 7 camera, Snapdragon XR2 dapat beri dukungan dalam soal pemrosesannya. Basis ini pun beri dukungan pass-through camera dengan low latency buat sungguh-sungguh mengoptimalkan MR yang kenyataannya. Dengan berikut, gambar yang tampil dapat real-time tiada sela.

Karena itu, pemakai dapat bikin bentuk hybrid dari dunia virtual serta dunia fakta sembari memanfaatkan fitur VR. Qualcomm tawarkan pelbagai kapabilitas yang beri dukungan kepentingan dalam pemanfaatan pelbagai pilar, umpamanya audio, visual, hubungan, AI, serta 5G.

1. Visual

Untuk mendapat pengalaman yang sesuai yang ada, penting buat tutup kepincangan visual di antara dunia fakta serta extended reality.

Karenanya diperlukan penampakan grafik yang mutakhir, dimana basis Snapdragon XR2 bikin terobosan dalam pemrosesan pada core GPU dengan beri dukungan 1, 5 kali piksel rate serta 3 kali texture element rate. Texture element rate beri dukungan kapabilitas buat mengerjakan banyaknya pixel serta struktur per detik buat rendering grafis dengan tingkat efisiensi tinggi.

Ada beberapa spesifikasi yang beri dukungan pengalaman visual dengan XR2 lebih mutakhir, umpamanya foveated rendering dengan penelusuran mata (eye tracking) serta penambahan refresh rate yang lebih halus buat mendukung beban kerja yang berat sambil membela mengonsumsi daya yang rendah.

Spesifikasi lain yaitu panel display Snapdragon XR2 tawarkan resolusi sampai 3k by 3ky per eye pada 90 fps. Tidak hanya itu, Snapdragon XR2 pun beri dukungan penampakan 8K 360 derajat pada 60fps buat streaming serta playback.

2. Audio

Pada dunia augmented atau virtual, nada satu diantara kunci partisan. Nah, basis Snapdragon XR2 tawarkan susunan audio tingkat tinggi dalam nada spasial 3D sembari berikan hubungan nada yang jernih buat perdalam pengalaman pemakainya.

Basis ini ditambahkan dengan DSP Hexagon always-on yang dibikin privat serta berkemampuan rendah, buat beri dukungan spesifikasi yang awal mulanya cuma berada pada hardware seperti aktivasi nada serta context detection.

Context detection ini menarik, lantaran walaupun pemakai tengah berada pada dunia digital, fitur dapat menemukan area fakta disekitarnya. Buat pemanfaatan di bagian gaming umpamanya, Bindhi mengatakan, fitur partisan seperti handset VR atau kacamata XR bikin pemain rasakan berada pada dalam babak, bukan cuma untuk pemain.

Ada sejumlah spesifikasi yang dapat didatangkan, ialah voice UI serta chat yang bisa mengubah nada seperti nada tokoh, audio context detection yang dapat berikan pemberitahuan disaat ada beberapa suara di lebih kurang, serta kapabilitas buat berkomunikasi antarpemain.

3. Hubungan

Salah satunya bagian yang mendukung dalam hubungan yaitu camera. Karenanya, Qualcomm Snapdragon XR2 udah beri dukungan pemanfaatan sampai 7 camera di fitur yang dilengkapinya. Sejumlah camera yang dikerjakan berbarengan sangat mungkin penelusuran real-time serta tepat dari kepala, bibir, serta mata tambah lagi dengan penelusuran tangan di 26 titik.

4. AI serta 5G

Kecerdasan hasil dengan 5G dikatakan oleh Qualcomm jadi dua perihal yang gak dapat terpisahkan, pasalnya keduanya membuat hari depan komputasi serta komputasi. Sejumlah spesifikasi dalam Snapdragon XR2 udah ditambah dengan AI, termasuk juga dalam soal visual, interaktivitas, serta audio buat bikin pemakai berada pada fakta yang lebih cerdik.

Support konektivitas 5G sangat mungkin XR gak terbatas dalam memanfaatkan pemrosesan terpisah di antara fitur serta cloud egde tiada kabel atau terbatas dalam area mana lantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *