Sejarah Dunia Internet yang Sudah Lebih Dari 50 Tahun

Sejarah Dunia Internet yang Sudah Lebih Dari 50 Tahun

Koneksi internet sekarang semakin masif untuk dibuka lewat konektivitas kabel (wire) serta nirkabel (wireless). Pas 50 tahun kemarin pada 29 Oktober 2019, satu orang profesor dari UCLA bernama Leonard Kleinrock serta mahasiswanya Charley Kline mengirim pesan lewat internet pada Bill Duval di Stanford University.

Saat itu, Kline punya niat mengirim kata ‘log in’ yang bermakna ‘masuk’ pada Duval. Namun berlangsung ketidakberhasilan skema hingga pesan yang terkirim hanya ‘lo’. Pesan itu malah jadi cikal akan koneksi internet di dunia sampai sekarang.

‘Lo’ jadi pesan pertama yang dikirim memakai jaringan internet. Pengiriman pesan itu jadi pemberi tanda Hari Internet Internasional yang diperingati tiap 29 Oktober tiap tahunnya. Bukannya memakai arti internet, waktu itu malah diketahui melalui nama Jaringan Tubuh Project Riset Kelanjutan Departemen Pertahanan AS atau dipersingkat ARPANET.

Mencuplik Tweak Town, jaringan internet waktu itu didanai oleh militer AS serta dibikin saat berlangsung perang dingin. AS disebutkan takut berlangsung perang nuklir. Karenanya, ARPANET dibikin agar meerintahkan computer dari jarak jauh jika setiap saat berlangsung serangan nuklir.

Jaringan internet yang dipakai di dunia sekarang berawal dari terhubungnya computer di empat kampus di AS yaitu University of California, UCLA, Stanford Research Institute, serta University of Utah. Pada 1969, computer dari ke empat universitas itu sangat mungkin beberapa akademisi bertukar pesan dengan elektronik.

Pasar Computer Akan Alami Penurunan Pada 2019

Menurut History, jaringan ARPANET sampai 1970-an terus berkemban. Dua ilmuwan yaitu Robert Kahn serta Vinton Cerf meningkatkan Transmission Control Protocol (TCP) serta Internet Protocol (IP) yaitu mode komunikasi yang memutuskan standard pengiriman data antar beberapa jaringan.

Selanjutnya pada 1974, ARPANET yang awalannya dipakai untuk golongan terbatas mulai dikomersialkan. Beralih nama jadi Telenet, terbentuklah Internet Service Protocol (ISP) pertama di dunia. All That Interesting mencatat, internet makin gampang dipakai waktu ditemukannya nama skema domain (DNS) seperti .edu, .gov, serta .org. Sebelum tahun 1983, pemakai internet harus memakai jejeran angka untuk terhubung situs.

Di masa ’90-an, perusahaan tehnologi sekaliber Yahoo serta Google mengubah langkah orang terhubung internet. Jaringan internet terus berkembang sesudah hadirnya beberapa situs website untuk mempermudah orang bertukar inspirasi serta ide melalui tulisan lewat WordPress pada 2003.

Sesudah ada sepanjang 50 tahun, internet sekarang jadi tehnologi yang tidak dipisahkan dari kehidupan manusia kekinian. Service media sosial sampai berita daring yang dapat dibuka lewat piranti pandai semakin banyak dipakai dalam sehari-harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *